Jumat, 16 Mei 2014

Cara Mandi Wajib - Pada postingan saya sebelumnya saya hanya menjelaskan tentang niat mandi wajib dan doa-doa mandi wajib saja dan tidak menjelaskan bagai mana cara melakukan mandi wajib yang benar. Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang Cara Mandi Wajib secara Lengkap Beserta Sunnah dan Doa-doanya.

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara mandi wajib terlebih dahulu saya akan berbagi tentang hal-hal apa saja yang menyebabkan seseorang wajib melakukan mandi wajib.

Penyebab Mandi Wajib :

1. keluarnya air mani (mimpi basah atau bersetubuh)
2. tidak amti syahid (orang yang mati syahid tidak diwajibkan)
3. lepas haid
4. lepas nifas

Hal-hal tersebut diatas merupakan penyebab seseorang diwajibkan untuk melakukan mandi wajib. Selanjutkan kita langsung kebagian utama yaitu :


Cara Mandi Wajib :
1. mandi wajib harus diawali dengan Niat mandi wajib
niat mandi wajib diucapkan dalam hati sambil memulai basuhan air kebagian tubuh

Niat mandi wajib (baca: niat mandi wajib dan doa-doa mandi wajib)  : NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHI TA'AALAA.

2. Menyiram atau membasuh seluruh bagian tubuh secara merata, usahakan semua bagian tubuh terkena air, baik itu rambut maupun kulit anda)

3. menghilangkan kotoran najis yang masih melekat pada bagian tubuh anda.

Sunnah mandi wajib:
1. mengucapkan basmalah
2. melakukan wudhu sebelum melakukan mandi wajib
3. menggosok seluruh bagian tubuh sebanyak 3 kali
4. lebih mendahulukan bagian tubuh sebelah kanan sebelum bagian kiri
5. membasuh bagian tubuh secara utuh atau sambung menyambung atau biasa disebut MUWALAT.

Demikian penjelasan singkat tentang Cara Mandi Wajib secara Lengkap Beserta Sunnah dan Doa-doanya yang sesuai dengan syariat islam. Semoga ini banyak bermanfaat bagi kita semua terlebih Pemilik blog Catatan Azzahra ini. Bersih itu sebagian dari iman. Bersih itu sebagian dari kecantikan dan ketampanan.

Makasih dah Mampir di Catatan Azzahra

EmoticonEmoticon