Selasa, 20 Mei 2014

Doa Niat Shalat Tarawih dan Tata Cara Shalat Tarawih – Marhaban yaa Ramadhan sekitar sebulan lagi kita akan memasuki bulan suci yaitu bulan ramadhan, bulan yang dijanjikan Oleh Allah SWT sebagai bulan paling berberkah, bulan yang lebih baik dari bulan-bulan lainnya, bulan penuh pengampunan, bulan untuk meraup berbagai macam pahala, bulan berbuat baik, bulan yang semua umat Muslim di dunia menantikannya.

Bulan Ramadhan identiik dengan ibadah-ibadah dan sunnah-sunnah yang tidak ditemukan di bulan-bulan lain. Salah satu contoh adalah Shalat Tarawih. Shalat Tarawih hanya bisa ditemukan di bulan Ramadhan, meskipun hanya berstatus sholat sunnah, tetapi kadar amalannya biasa melebihi kadar amalan shalat wajib diluar bulan Ramadhan, meskipun shalat Tarawih tidak dapat menggantikan shalat wajib 5 waktu.

Pada kesempatan ini saya akan mengingatkan tentang Doa Niat Shalat Tarawih dan Tata Cara Shalat Tarawih, tidak menggurui karena saya sendiri bukan ustads, melainkan hanya membagi keteman-teman sapa tau saja lupa akan hal itu.
Hukum shalat tarawih adalah sunnat mu’akkad, baik jika dilakukan sendiri ataupun secara berjamaah. Akan lebih utama bila dilakukan secara berjamaah di masjid atau mushola. Waktu pelaksanaan shalat tarawih yaitu mulai ba'da shalat Isya (sebelum shalat sunat witir} sampai terbitnya fajar shadiq (sebelum masuk waktu shalat subuh).

Shalat Tarawih memiliki Jumlah rakaat sebanyak 20 rakaat ( 3 rakaat sunnat witir), biasa juga dilakukan hanya 8 rakaat (3 rakaat sunnat witir).


Tata Cara Shalat Tarawih adalah dengan 2 macam cara, yaitu:
  1. 2 raka'at salam.
  2. 4 raka'at salam (tanpa tasyahud awal)

Paling baik yaitu dilakukan setiap 2 raka'at salam, karena menurut hadits Rasulullah saw bahwa shalat malam itu sebaiknya dilakukan 2 raka'at 2 raka'at. Dimana setelah shalat tarawih selesai dilanjutkan dengan melakukan shalat sunnat witir 3 raka'at. Dalam pelaksanaan shalat sunnat witir boleh dilakukan 3 raka'at salam,  dimana 3 raka'at sekaligus tanpa melakukan tasyahud awal atau pertama dilakukan 2 raka'at, kemudian 1 raka'at juga boleh dilakukan. 

Doa Niat Shalat Tarawih :

“Ushalli sunnatat taraawiihi rak’ataini (ma’muman/imaaman) lillahi ta’aalaa.“

Terjemahan: ” Aku niat Salat Tarawih dua rakaat (menjadi makmum/ imam) karena Allah Ta’ala”

atau

“Usholli sunnatattarowihi rak’ataini lillahi ta’ala”

Terjemahan: ” Aku niat Salat Tarawih dua rakaat karena Allah Ta’ala”


Demikian Doa Niat Shalat Tarawih dan Tata Cara Shalat Tarawih semoga kita bisa saling mengingatkan dalam kebaikan, saling maraih pahalah ibadah sebanyak-banyaknya di bulan Ramadhan maupun dibulan-bulan setelahnya.

Makasih dah Mampir di Catatan Azzahra

EmoticonEmoticon