Widget HTML Atas

Sejarah Perkembangan Komputer

Sejarah Perkembangan Komputer - Melanjutkan dari postingan Azzahra sebelumnya yaitu Sejarah Komputer, saat ini akan dilanjutkan ke Sejarah Perkembangan Komputer mulai dari komputer yang berukurang raksasa sampai komputer berukuran sebesar telapak tangan manusia. Berikut penjelsan lengkap mengenai sejarah perkembangan komputer dari tahun ketahun.

Sejarah Perkembangan Komputer :

1822 : Charles babbage memberika idenya yakni sesuatu alat yang bisa menolong manusia saat melakukan penghitungan yang memiliki tingkat kompleksitas lebih tinggi serta rumit. mesin buatan beliau yang belum selesai itu saat ini telah dimasukkan kedalam museum of science london.

1937 : dr. john v atanasoff serta clifford berry mulai bikin design computer digital elektronis pertama. mereka berikan nama mesin tersebut abc ( atanasoff-berry computer ). kekuatan mesin abc tersebut cuma hanya menghitung makin serta pengurangan.

1943 : pada perang dunia 2, seorang ilmuwan inggris yang bernama alan turing mendesain computer elektronik yang dibikin spesial untuk tentara inggris. tujuan pembuatan dari komputer tersebut supaya bisa dipakai untuk menembus kode pertahanan jerman.

1944 : howard hathaway aiken ( amerika ) bikin yang dinamakan mark i. adalah suatu komputer kalkulasi digital pertama. Komputer itu mempunyai luas 7, 45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. mark i telah bisa dipakai untuk menghitung probabilitas.

1945 : dr. john von neumann menulis sesuatu rencana penyimpanan data. pada waktu itu tetap berbentuk inspirasi.

1946 : dr. john w. mauchly serta j. presper eckert, jr. bikin computer skala besar yang pertama, nama computer tersebut yaitu eniac ( electronic numerical integrator and computer ). dunia juga berasumsi ke-2 orang ini sebagai penemu dari komputer digital.

Eniac Komputer mempunyai berat 30 ton, terdiri dari 18. 000 lampu tabung ( transistor ukuran besar ), dengan lebar 30 kaki x 50 kaki, menggunakan tenaga 160. 000 watt. waktu pertamakali dioperasikan pertama semua jaringan listrik di lokasi philadelphia mendadak mati.

Eniac sedikit semakin maju dibanding mark i yang cuma bisa menghitung. Eniac bukan sekedar mempunyai kekuatan menghitung, makin, kurang, kali, untuk, namun juga bisa diprogram untuk lakukan sistem simpel.

1951 : the u. s. bureau of cencus menginstallasi komputer komersial pertama yang bernama Univac i (Universal automatic computer). univac i ini dikembangkan oleh mauchly serta eckert untuk remington-rand corporation.

1947 : william shockley, john bardeen, serta walter brattain adalah penemu transistor pertama didunia. sejak ditemukanya transistor, ukuran komputer itu menjadi semakin kecil.

Semoga Catatan Azzahra tentang Sejarah Perkembangan Komputer bisa bermanfaat bagi teman-teman pembaca. Azzahra menulis postingan ini juga menggunakan Komputer,tetapi bukan komputer generasi pertama melainkan menggunakan komputer jinjing/laptop.

1 comment for "Sejarah Perkembangan Komputer"

  1. Terimakasih ya untuk informasinya,
    Jika berkenan, ditunggu kunjungan baliknya ke postingan terbaru saya ini : Cara Menonaktifkan Cortana Pada Windows 10 atau https://www.agres.id/

    ReplyDelete

Post a Comment

Makasih dah Mampir di Catatan Azzahra